BERITA RUMOR KIAMAT DUNIA 21-12-2012

Senin, 10/12/2012 15:13 WIB

Rumor Kiamat 21 Desember Hebohkan Penduduk Dunia

Novi Christiastuti Adiputri - detikNews

Ilustrasi – ritual Suku Maya (AFP)
London – Rumor berakhirnya dunia bersamaan dengan berakhirnya kalender Suku Maya menyebar ke seluruh dunia. Rumor kiamat akan segera datang ini bahkan menimbulkan ketakutan dan kepanikan penduduk bumi di berbagai belahan dunia.

Tanggal 21 Desember mendatang yang merupakan berakhirnya kalender Suku Maya versi hitungan panjang selama 5.125 tahun, disebut-sebut sebagai akhir dunia. Seperti dilansir The Telegraph, Senin (10/12/2012), penduduk berbagai dunia memiliki reaksi berbeda terhadap isu kiamat tersebut.

Mulai dari warga di China dan Rusia yang panik membeli kebutuhan sehari-hari dan banyak lilin, hingga angka penjualan alat-alat bertahan hidup yang meningkat drastis di Amerika Serikat. Yang paling aneh terjadi di Prancis. Di negeri itu, warga yang percaya dengan keberadaan alien atau makhluk luar angkasa, mempersiapkan diri mereka dengan berkumpul di wilayah penggunungan agar diselamatkan oleh alien dan terhindar dari kiamat.

Berbagai penyebab dunia kiamat juga beredar secara simpang siur. Mulai dari adanya tabrakan besar antara bumi dengan planet mistis bernama Nibiru, atau yang juga dikenal sebagai Planet X, kemudian tabrakan antara bumi dengan sebuah komet, hingga adanya badai matahari dahsyat yang memusnahkan peradaban bumi.

Di Amerika Serikat (AS), seorang produsen tempat perlindungan bawah tanah berteknologi tinggi, Ron Hubbard, melaporkan bisnisnya yang berkembang pesat. Banyak orang yang membeli peralatan yang dijualnya.

“Saya tidak memiliki pendapat khusus soal kalender Suku Maya, tapi ketika para astrofisikawan datang kepada saya, membeli barang produksi saya dan memberitahu saya untuk bersiap menghadapi badai matahari, radiasi dan gelombang elektronik (EMP) … Saya akan tinggal di bawah tanah pada tanggal 19 dan baru keluar pada tanggal 23. Berjaga-jaga kalau isu tersebut benar,” tuturnya.

Sedangkan di Prancis, orang-orang yang percaya dengan keberadaan alien, berkumpul di atas puncak gunung Pic de Bugarach. Mereka menunggu kedatangan pesawat UFO maupun pesawat alien lainnya untuk menjemput mereka keluar dari bumi.

Walikota Bugarach yang berpenduduk 179 orang ini berusaha mencegah warga melakukan aktivitas aneh tersebut dengan melarang warganya untuk berkumpul di atas gunung tersebut. Menurut New Age, wilayah tersebut menjadi ‘garasi alien’ yang menjadi landasan para alien meninggalkan bumi dan membawa sejumlah manusia yang beruntung bersama mereka.

Di Rusia, warga di wilayah Omutninsk, Kirov, berbondong membeli minyak tanah dan sejumlah bahan bakar lainnya usai artikel surat kabar setempat memastikan soal akhir dunia. Lain halnya dengan warga kota Barnaul, dekat Pegunungan Altai yang panik membeli obor dan sejumlah lampu minyak.

Hal ini bahkan memaksa Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev untuk berkomentar. “Saya tidak percaya akhir dunia. Setidaknya, bukan tahun ini,” ucap Medvedev.

Di China, rupanya warga setempat terpengaruh oleh film Hollywood ‘2012’ yang menceritakan soal kehancuran dunia. Saking parahnya, warga dengan paniknya memborong lilin di Provinsi Sichuan, setelah rumor yang berkembang di situs jejaring sosial Sina Weibo memprediksikan akan adanya gelap gulita selama 3 hari sebelum kiamat tiba.

“Awalnya, kami tidak tahu mengapa. Tapi kemudian kami mendengar orang-orang bicara soal kegelapan abadi,” tutur seorang pemilik toko setempat.

Sedangkan di Meksiko yang menjadi negeri asal Suku Maya, justru sedikit berbeda. Rumor kiamat justru dijadikan sebagai kesempatan untuk memperoleh keuntungan. Sejumlah acara bertemakan Suku Maya digelar demi menarik perhatian dan kedatangan wisatawan akhir tahun ini.

Badan Antariksa AS atau NASA telah membantah rumor yang beredar luas di masyarakat ini. Sama seperti NASA, suku Maya sendiri juga membantah rumor akhir dunia bersamaan dengan berakhirnya kalender mereka.

Seorang tokoh Suku Maya yang dihormati, Pedro Calestino Yac Noj, menyatakan kelompoknya akan merayakan berakhirnya kalender tersebut dengan ritual pembakaran bibit dan buah-buahan dalam upacara di Kuba. “Bersyukur dan berterima kasih atas abad 21 dan menyambut siklus kehidupan yang baru, fajar yang baru pada abad 22,” ucapnya.

Up date berita by, Detiknews.com

Masyarakat Dunia Siapkan Selebrasi Rayakan “Kiamat” 21 Desember 2012

Ahmad Luthfi - Okezone Rabu, 12 Desember 2012 08:01 wib

Ilustrasi (Foto: Thenews)
CANCUN – Dampak rumor berakhirnya dunia yang beredar baru-baru ini, tidak hanya menimbulkan kekhawatiran dan ketakutan anak-anak dan remaja. Rumor kiamat ini juga menciptakan kegiatan-kegiatan yang dianggap “tak masuk akal”, seperti membuat tempat penampungan bawah tanah berteknologi tinggi dan kapal besar sebagai antisipasi kiamat tersebut.

Bahkan, beberapa diantara mereka yang percaya berakhirnya siklus kalender suku Maya itu justru senang. Mereka berencana merayakan hari yang paling dinantikan tersebut.

Dilansir Thenews, Rabu (12/12/2012), Gonzalo Alvarez, yang baru saja tiba di wilayah Cancun (Meksiko bagian selatan) selama dua pekan, akan memeriahkan pencapaian utama dalam kalender suku Maya. Ia mengungkapkan kegembiraan dan bersiap untuk mengadakan pesta di wilayah tersebut.

“Kami datang ke pesta dan bersiap-siap untuk awal dari sebuah era baru,” ujar Alvarez. Pria berusia 39 tahun itu sengaja melakukan perjalanan ke Meksiko dari Florida untuk menyaksikan awal dari sebuah era baru, terkait berakhirnya kalender suku Maya di 21 Desember 2012.

Selebrasi atau perayaan ini juga akan dilangsungkan di seluruh wilayah Meksiko selatan dan Amerika Tengah. Meksiko merupakan salah satu dari lima negara yang bersiap untuk merayakan di 21 Desember 2012.

Menurut kalendar “Hitungan Panjang” suku Maya, 21 Desember 2012 menandai akhir dari era di lebih dari 5000 tahun, yang dimulai sejak 3114 SM (sebelum masehi). Bagi sebagian orang di wilayah ini, tanggal tersebut merupakan tanggal perayaan.

Awal kalender Maya juga menjadi ladang bisnis besar di wilayah Meksiko dan sekitarnya. Sebab, banyak dari kantor pariwisata yang mempromosikan tanggal tersebut.

Banyak dari turis yang akan membanjiri wilayah tersebut untuk ikut berpartisipasi pada perayaan. Selebrasi ini akan diisi dengan berbagai acara seperti kembang api, konser serta pameran yang diadakan di lebih dari tiga lusin situs arkeologi. (fmh)

Up date berita by, tecno.okezone.com

Dari pada pusing mikirin Rumor nggak jelas yuk….lihat  Info berikut ini

Flag Counter

One thought on “BERITA RUMOR KIAMAT DUNIA 21-12-2012

  1. SELASA, 11 DESEMBER 2012 | 12:02 WIB
    10 Alasan 21 Desember 2012 Bukan Kiamat
    Besar Kecil Normal
    TEMPO.CO, Jakarta – Tanggal 21 Desember 2012 bakal tiba dalam hitungan 10 jari. Siapa pun tahu mengenai rumor tentang akhir dunia pada tanggal tersebut, seperti ramalan suku bangsa Maya.

    Ada pula yang meramalkan bukan kiamat yang terjadi, melainkan krisis ekonomi. Lebih banyak orang yang membincangkan isu kiamat versi bangsa Maya ketimbang masalah perekonomian. Tapi ternyata ada sepuluh alasan kenapa ramalan kiamat itu tak bisa dipercaya.

    1. Penganut kiamat akhir dunia pada 21 Desember tak bisa meramalkan secara persis apa yang sebenarnya bakal terjadi pada tanggal itu. Tidak ada gambaran detail proses maupun kerusakan yang bisa menimpa seluruh umat manusia di bumi. Tidak seperti masa di peralihan milenium (Y2K), ada ramalan jelas kerusakan yang bisa terjadi pada alat elektronik.

    2. NASA pun membantah bakal terjadinya kiamat. Astronom dan ilmuwan NASA David Morrison mengunggah sebuah video di Youtube yang berisi “sanggahan detail atas lima skenario kiamat”. Lima skenario yang dimaksud, misalnya, peluang adanya serangan meteor, sengatan api matahari, dan perpecahan kutub akibat magnet Bumi yang berotasi terbalik.

    3. Keberadaan media dan industri hiburan di Barat telah mengeksploitasi kiamat 2012 secara berlebihan. Tujuannya adalah untuk menarik iklan dan oplah tabloid. Ancaman sesungguhnya bagi manusia adalah kelangkaan pangan, teroris, inflasi, hingga cicilan hutang. Namun, isu nyata ini tidak terlalu seksi untuk diangkat sebagai film Hollywood atau dokumenter khusus. Bahkan, ancaman lingkungan seperti produk rekayasa genetik, reaktor nuklir hingga kebocoran limbah kimia tak terpublikasikan ketimbang fantasi tentang datangnya Armageddon.

    4. Suku Maya tidak terlalu cerdas secara budaya dibandingkan suku-suku yang lain. Jadi, kenapa manusia seluruh dunia harus mempercayai ramalan mereka? Suku Maya bukanlah penemu roda. Bahkan, mereka mengorbankan manusia untuk menghindari kemarahan Tuhan. Jadi, kenapa harus mengindahkan ramalan budaya primitif ini?

    5. Jika kalian memikirkan ramalan kiamat suku Maya, maka dengarkan ucapan petinggi suku mereka. Dewan Nasional Tetua Maya, Xinca dan Garifuna justru mengatakan bahwa akhir dari kalender Maya bukan berarti akhir dari dunia. “Ini adalah waktu ketika putaran terbesar dari kalender Maya memulai siklus baru,” kata Anthony Aveni, ahli suku maya dan Arkeoastronomer dari Universitas Colgate di Hamilton, New York.

    6. Ramalan Maya tak menunjukkan bukti sedikit pun bakal terjadi kerusakan Bumi pada 21 Desember 2012. “Hanya sedikit teks kuno yang mengacu pada tanggal 21 Desember tentang awal mula kalendar baru, bukan ramalan kiamat,” kata John Henderson, profesor antropoligi dari Universitas Cornell.

    7. Pemimpin Maya mengeksploitasi ramalan kiamat untuk menarik banyak pengikut. Dengan memprediksi bahwa terjadi gerhana matahari, para tetua mengklaim bahwa seekor ular akan memakan matahari. Matahari akan kembali sedia kala, kalau mengikuti titah tetua.

    8. Banyak yang memanfaatkan ramalan ini untuk keuntungan pribadi. Seperti di Cina, seniman palsu telah menipu para pensiunan untuk menyimpan dana mereka sebagai donasi untuk akhir kiamat, seperti yang diberitakan media massa Telegraph.

    9. Beberapa orang telah menggunakan kiamat 2012 sebagai alasan untuk memaafkan para tiran yang bertindak semena-mena. Datangnya Armageddon telah dibajak menjadi justifikasi psikologis untuk kemalasan dan penundaan untuk mendidik orang lain atau mempersiapkan mereka menghadapi krisis yang ada di depan mata.

    10. Beberapa penganut aliran kepercayaan tertentu menandai dan meramalkan tanggal 21 Desember 2012 sebagai tanggal datangnya Armageddon atau kedatangan Yesus Kristus kedua di dunia. Namun, ramalan ini dibantah umat Kristiani. Sebab, ramalan itu bertentangan dengan apa yang tertulis di Alkitab yang menyatakan bahwa kiamat tidak bisa diramal manusia. Mengutip ayat Markus 13:32, “Meskipun begitu, tidak seorang pun tahu kapan harinya atau kapan jamnya. Malaikat-malaikat di surga tidak dan Anak pun tidak, hanya Bapa saja yang tahu.” Kata Anak mengacu pada Yesus dan Bapa mengacu pada Allah. Dengan kata lain, hanya Allah saja yang tahu kapan waktunya tiba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s